Demi Windows 8, Microsoft Gaet Mahasiswa


JAKARTA, KOMPAS.com — Microsoft Indonesia telah menunjuk 40 mahasiswa dari 25 perguruan tinggi untuk menjadi duta Windows 8 melalui program University Crew (UCrew). Dengan hadirnya para duta tersebut, Microsoft Indonesia berharap tingkat adopsi dan juga pangsa pasar Windows 8 bisa terus meningkat di kalangan pelajar.

Proses pemilihan duta UCrew ini sendiri sudah berjalan pada awal Desember 2012 lalu. Microsoft harus bekerja keras untuk menjaring sekitar 1.400 pendaftar yang berasal dari berbagai universitas di Jabodetabek, Bandung, dan Yogyakarta.

"Pemilihan UCrew ini berdasarkan latar belakang akademis dari para pendaftar. Selain itu, para UCrew tersebut juga harus mampu bersosialisasi dengan baik," kata Lucky Gani, Business Group Head Windows Division Microsoft Indonesia, saat menjelaskan kriteria penunjukan UCrew kepada KompasTekno di Jakarta, Jumat (8/2/2013). 

Setelah melewati proses penjurian yang ketat, mulai 7 Januari 2013 ini, ke-40 UCrew tersebut sudah menjalankan tugas mereka untuk mempromosikan Windows 8 di kalangan kampus masing-masing. 

"Mereka ini bukan sales person, melainkan duta yang memperkenalkan dan memberi pengalaman Windows 8 kepada lingkungan kampus," ujar Lucky.

Untuk menjalankan tugasnya, para UCrew ini dipersenjatai dengan perangkat berbasis Windows 8, seperti tablet Acer Iconia W510 dan ponsel Nokia Lumia 820.

Hasilnya, Microsoft mengklaim kenaikan keinginan mahasiswa untuk beralih ke perangkat tablet berbasis Windows 8 dari 11 persen ke 43 persen.

"Ini merupakan strategi kami untuk memperkenalkan Windows 8 yang tidak hanya untuk segmen enterprise, kantor, ataupun instansi pemerintah, tetapi juga untuk mahasiswa," kata Lucky.

Untuk ke depannya, program UCrew ini juga akan berlangsung di luar Pulau Jawa, seperti Kalimantan dan Makassar. Program tersebut akan diselenggarakan paling lambat pada November 2013.