Facebook Mark Zuckerberg menghadapi $ 1.000.000.000 tagihan pajak



IPO Facebook membuat pendiri Mark Zuckerberg miliarder - tetapi meninggalkan dia dengan tagihan pajak yang kemungkinan mencapai US $ 1 miliar.
NEW YORK (CNNMoney)
Debut pasar saham Facebook meninggalkan pendiri dan CEO Mark Zuckerberg dengan kekayaan kertas saat ini senilai $ 13000000000 - dan tagihan pajak 2012 sekitar $ 1,1 miliar.
Hit pajak kekalahan Zuckerberg berasal dari kepindahannya Mei lalu untuk meningkatkan saham di Facebook. Pada hari penawaran umum perdana Facebook, Zuckerberg melaksanakan opsi saham dan membeli 60 juta saham Facebook pada "strike price" dari 6 sen masing-masing.

Yang menyatakan memiliki tarif tertinggi pajak penghasilan

Bahkan jika saham tersebut tidak pernah dijual, IRS memperlakukan mereka sebagai pendapatan biasa pada saat opsi tersebut dieksekusi. Alasannya adalah bahwa pilihan tersebut adalah bentuk kompensasi, seperti upah biasa.
Untuk Zuckerberg, yang berarti melaporkan pendapatan tahun lalu hampir $ 2,3 milyar dari opsi saham sendirian. Tambahkan bersama 2012 tingkat pajak federal atas 35% dan tingkat California atas 13,3% - tertinggi di negara ini - dan Anda mendapatkan tarif pajak sebesar 48,3%.
Cerita Terkait: Kebenaran di balik Phil Mickelson pajak California
Itu sebelum anjak dalam beberapa potongan - seperti, katakanlah, untuk $ 500 juta sumbangan amal yang dibuatnya pada bulan Desember untuk Yayasan Masyarakat Silicon Valley - dan setiap Zuckerberg pendapatan lainnya dikumpulkan tahun lalu. Hanya Paman Sam dan pajak badan California tahu persis apa yang ada di kembali Zuckerberg, tapi tiga California CPA yang CNNMoney berkonsultasi berlari angka dan percaya tagihan Zuckerberg untuk tahun ini mungkin akan melebihi $ 1 miliar.
Itu benar-benar tidak biasa ... bahkan untuk milyarder.
"Dengan jumlah yang besar, biasanya capital gain, pendapatan tidak biasa," kata Toby Johnston, seorang partner di kantor Silicon Valley pajak perusahaan Moss Adams LLP yang bekerja dengan klien kaya. Investor mengambil keuntungan dari keuntungan mereka membayar tarif pajak secara signifikan lebih rendah dibandingkan tahun lalu pendiri Facebook kehendak. Tertinggi federal yang capital gain tingkat pada tahun 2012 adalah 15%. Ini naik menjadi 23,8% (termasuk pajak tambahan Medicare) tahun ini.
Internal Revenue Service tidak mengomentari hasil dari wajib pajak orang pribadi, tetapi setiap tahun itu merilis data agregat pada 400 pelapor pajak AS dengan pendapatan terbesar dilaporkan. Rata-rata pencari nafkah atas memiliki pendapatan $ 202.000.000 dan penghasilan tagihan pajak federal sebesar $ 41 juta untuk tahun 2009, data terbaru yang tersedia.
Seorang juru bicara Facebook menolak mengomentari pajak Zuckerberg.
Untuk menutupi tagihan raksasa ia tahu akan datang, Zuckerberg dicelupkan ke harta nya saham Facebook. Dia menjual 30,2 juta saham selama IPO Facebook, mengambil di $ 1135000000. Pada saat itu, Facebook mengatakan dalam sebuah pengajuan peraturan bahwa Zuckerberg berencana menggunakan "sebagian besar" dari mereka hasil untuk menutupi pajak atas pembelian saham-opsi nya.
Cerita Terkait: 12 Audit bendera merah pajak
Dan Zuckerberg telah lain pajak besar memukul menjulang: Dia masih duduk di 60 juta opsi yang belum dieksekusi yang berakhir pada akhir 2015. Pada (FB) harga saham saat ini Facebook, orang-orang pilihan akan menghasilkan pendapatan kena pajak sebesar $ 1,6 milyar dalam hal ia menguangkan mereka masuk Pada tarif pajak saat ini, yang akan berjumlah tagihan $ 826.000.000.
Departemen Keuangan AS akan mendapatkan keuntungan dari pajak Zuckerberg. Jadi kemauan California, yang semakin rezeki nomplok saat ribuan Facebook kas karyawan dalam pada saham hibah dan pilihan. California mengharapkan untuk mengumpulkan sekitar $ 1,5 miliar pada penerimaan pajak terkait dengan IPO Facebook, menurut perkiraan terbaru dari Kantor negara Legislatif Analis.
Jadi bagaimana Anda membayar tagihan pajak yang lebih besar dari seluruh GDP tahunan beberapa negara '? (Kami sedang melihat Anda, Grenada.)
California mensyaratkan pembayaran elektronik untuk semua tagihan pajak lebih besar dari $ 80.000, tetapi IRS akan mengambil cek kertas untuk setiap jumlah.
Menonton jumlah yang besar lenyap dari rekening bank Anda terdengar menakutkan, kan? Sisi lain adalah bahwa setidaknya Anda dapat membelinya.
"Kebanyakan orang senang, untuk mengatakan yang sebenarnya," kata Stan Pollock, seorang San Francisco wilayah akuntan yang mengkhususkan diri dalam menangani masalah pajak untuk pekerja teknologi. "Saya memiliki klien sangat sedikit yang mendapatkan ini rejeki besar yang telah merasa membayar pajak. Mereka tahu bahwa mereka beruntung."