BAD SECTOR COMUNITY

Pemilik blog ini merupakan salah satu anggota komunitas yang bernama "BAD SECTOR"

ANTI-VIRUS

Baerbagi Software dan Informasi tentang anti-virus

Microsoft Information

Berbagi informasi dari Microsoft

TEKNOLOGI INFORMASI

Berbagi Informasi tentang seputar Teknologi

OPERATING SYSTEM

Berbagi Informasi tentang seputar OS yg ada

FREE DOWNLOAD SOFTWARE

Berbagi software secara gratis

Pelaku Pembajakan Software Raup Rp 966 Miliar



Seorang pria China mengaku bersalah menjual piranti lunak komputer (software) AS bajakan senilai 100 juta dollar AS (sekitar Rp 966 miliar).


Piranti lunak yang dicuri dari 200 pabrikan itu dijual antara 2008-2011 dengan harga jauh dibawa harga resmi, kata jaksa penuntut AS.

Xiang Li ditangkap pada Juni 2011 di Saipan dalam operasi penyamaran.

Ia menyatakan dirinya bersalah dalam konspirasi kejahatan pelanggaran hak cipta dan pemalsuan.

"Saya ingin mengatakan pada pengadilan bahwa apa yang saya lakukan salah dan saya menyesal," kata Li pada hakim distrik Leonard Stark, meski ia membantah nilai jual resmi piranti yang ia curi dan jual.

Li, dari provinsi Chengdu di Cina menyasar piranti lunak dari pabrikan-pabrikan besar termasuk Microsoft, Oracle, SAP dan Rockwell Automation sebelum menjualnya pada 325 pembeli, termasuk seorang insinyur Nasa dan kontraktor militer.

Pembeli di pasar gelap itu meliputi 28 negara bagian AS dan 60 negara di dunia.

Murah

Pelaku mencari piranti lunak yang sudah diretas di forum-forum internet sebelum mengiklankan penjualan di situs web-nya dan menawarkan lebih dari 2.000 jenis piranti bajakan.

Program bajakan itu kemudian dikirim ke pembeli melalui Gmail dan Li serta seorang tersangka kedua menarik pembayaran melalui transfer.

Piranti bajakan itu dijual antara 20 dollar AS hingga 1.200 dollar AS per unit, padahal harga piranti yang asli berkisar antara ratusan dolar hingga satu juta dollar perbuah.

Praktik kejahatan ini terungkap setelah sebuah pabrikan mengetahui bahwa produk mereka dijual di website Li yaitu crack999.com dan memberitahu aparat.

Li kemudian ditangkap oleh agen AS setelah operasi penyamaran selama 18 bulan.

Pengacaranya, Mingli Chen mengatakan, "Ia sangat bangga dengan dirinya. Ia tidak menyadari hal itu adalah sebuah kejahatan." (BBC)

Di Android, MediaFire Gratiskan 50GB


Ruang penyimpanan data adalah hal yang berharga, terutama di gadget mobile yang relatif terbatas dalam hal ini.


Nah, kebutuhan akan ruang penyimpanan di perangkat mobile inilah yang dibidik oleh MediaFire. Aplikasi Android dari penyedia jasa online storage ini telah resmi tersedia dan bisa diunduh dari toko aplikasi Google Play.



Bedanya dengan penyedia jasa sejenis, ruang penyimpanan gratis yang disediakan oleh MediaFire terbilang sangat besar, mencapai 50GB dengan batas ukuran 200MB per file.



Dokumen-dokumen yang diunggah pengguna lewat aplikasi MediaFire ini kemudian bisa diakses lewat berbagai perangkat termasuk komputer desktop atau laptop.


Sebelumya, aplikasi mobile MediaFire telah lebih dahulu tersedia di platform iOS untuk iPhone dan iPad.


Versi Android MediaFire bisa diunduh di Google Play.

Isi Baterai Lumia Lewat Bantal dan Speaker


Smartphone berbasis Windows Phone 8 besutan Nokia, Lumia 820 dan Lumia 920, dibekali teknologi pengisian baterai tanpa perantara kabel (wireless). Untuk mengisi daya baterai Lumia, pengguna tinggal meletakannya di perangkat aksesori khusus.

Beberapa perusahaan siap membuat aksesori pengisi daya baterai smartphone secara nirkabel. Perusahaan teknologi audio JBL akan membuat aksesori dock speaker sekaligus pusat pengisi baterai nirkabel. Begitu pula perusahaan furnitur Fatboy yang membuat aksesori berbentuk bantal.

Aksesori dock speaker sekaligus pengisi daya baterai nirkabel dari JBL - Photo by Engadget

Aksesori pengisi daya baterai berbentuk bantal dari Fatboy - Photo by Engadget


Dalam acara peluncuran Lumia 820 dan 920 di New York, AS, Rabu (5/9/2012), Nokia menyatakan niat untuk meletakkan aksesori bantal ini dalam ruangan Virgin Atlantic di bandara Heathrow, London, dan JFK, New York, serta kedai Coffee Bean dan Tea Leaf di kota metropolitan terpilih.

Teknologi pengisian baterai nirkabel ini menggunakan metode induksi.

Khusus Lumia 920, smartphone ini memenuhi standar Wireless Qi. Sedangkan Lumia 820, opsional untuk standar Wireless Qi.

Standar Wireless Qi ditetapkan oleh Wireless Power Consortium (WPC). WPC adalah sebuah konsorsium yang dibentuk oleh perusahaan teknologi besar, seperti Nokia, Sony, Texas Instrument, dan Samsung, untuk mengembangkan serta mempromosikan wireless charging berbasis induksi.

Lumia 820 dan 920 telah dibekali cip Near Field Communication (NFC). Dengan cip ini, smartphone Lumia bisa digunakan sebagai uang digital untuk belanja, atau dihubungkan dengan perangkat lain yang juga dibekali NFC.

Samsung Siapkan Prosesor 8 "Core" untuk Tablet


Setelah menelurkan Exynos 4 Quad dan Exynos 5 Dual tahun ini, Samsung disebut sedang menyiapkan sebuah prosesor 8 core. 

Prosesor delapan inti untuk perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet tersebut, rencananya akan diumumkan pada Konferensi International Solid-State Circuits 19 Februari tahun depan.

Seperti dikutip dari Phone Arena, prosesor Samsung ini kabarnya dibangun berdasarkan konsep "big.LITTLE.computing" dari ARM dimana sejumlah inti utama prosesor dilengkapi dengan beberapa inti "pendamping".

Dalam hal ini, prosesor Samsung tersebut akan memiliki empat buah core ARM Cortex-A15 berkecepatan 1,8 GHz untuk menangani tugas-tugas berat, beserta empat buah core ARM Cortex-A7 yang berjalan di frekuensi 1,2 GHz yang akan menangani pemrosesan ringan.

Konsep tersebut mirip dengan "companion core" yang diterapkan Nvidia dalam Tegra 3 (antara lain dipakai di tablet Goolge Nexus 7 dan HTC One X) di mana empat buah inti prosesor dibantu oleh core kelima yang menangani tugas-tugas ringan untuk menghemat baterai.

Masih belum diketahui kapan perangkat dengan chip yang dibuat melalui fabrikasi 28 nanometer ini akan terealisasi. Namun, karena berpotensi memiliki ukuran fisik yang besar, ada kemungkinan bahwa ia akan lebih dahulu diterapkan pada perangkat tablet.

1 Miliar Handphone Terjual di Cina Selama 2012


Pada penutupan tahun 2012 kemarin, banyak sekali perusahaan yang mendapatkan untung yang tidak sedikit dari penjualan gadget/handphone yang mereka jual. Departemen Industri dan Teknologi Informasi Cina (MIIT-Ministry of Industry and Information Technologu) menyatakan bahwa terdapat total 1,1 miliar handphone/ponsel telah terjual sepanjang 2012 ini sob! Wih itu berarti selama tahun 2012 ini pengguna ponsel di Cina mencapai lebih dari 1 Miliar nih sob. Banyaknya angka ini bukan hanya pada pengguna ponselnya. Di lain sisi, total keuntungan yang diraih dari para perusahaan yang menjual ponsel ini mencapai 116,26 miliar dolar!

Dari data yang dilansir MIIT tersebut, terungkap bahwa lebih dari 82% warga Cina sudah menggunakan ponsel, baik smartphone maupun non smartphone. Dari 1,1 miliar pengguna ponsel tersebut, 220 juta diantaranya sudah menggunakan ponsel dengan koneksi 3G, yang mencapai 20% dari keseluruhan pengguna ponsel di Cina. Sementara itu, penggunaan internet di Cina juga mengalami kenaikan yang signifikan selama tahun 2012 ini. Hal tersebut terlihat dari penggunaan layanan internet broadband yang mencapai 24,03 juta serta pengguna internet mobile yang mencapai 750 juta orang. Adapun total pendapatan yang diraih industri komunikasi di Cina sebanyak 116,26 miliar dolar, naik 11% dibanding tahun lalu.





Dibandingkan dengan negara kita yang masih belum merata penggunaan ponsel tersebut, sepertinya memang Cina adalah salah satu negara dengan jumlah konsumen ponsel terbesar setelah Jepang dan Inggris. Tentu saja harga ponsel yang sekarang ini semakin terjangkau, bukan tidak mungkin nantinya semua orang di negara kita pun menjadi pengguna aktif ponsel tersebut. Selain memang harga ponsel yang semakin murah, fungsinya yang semakin lama semakin canggih dan tarifnya juga dari operator yang sangat murah, bukan suatu mimpi lagi pada tahun ini pengguna ponsel dinegara kita sendiri semakin meningkat pesat.

Memang dengan laporan penjualan ponsel yang mencapai 1,1 Miliar di Cina, para perusahaan ponsel terkenal seperti Apple dan Samsung berlomba-lomba untuk mendirikan dan melebarkan sayapnya ke negeri panda tersebut. Apakah tahun 2013 ini penjualan ponsel akan semakin naik atau malah turun? Kita tunggu saja.

Bakal Ada Toilet yang Dikendalikan dari Android


Toilet di Jepang punya beragam teknologi unik, termasuk inovasi toilet yang akan bisa dikontrol dengan smartphone.

Toilet unik akan tersedia toilet pada Februari tahun depan. Diberi nama Satis dari merek Inax dapat dikontrol dengan smartphone dan memiliki fitur Bluetooth.

Dengan applikasi MySatis yang dapat diunduh, pengguna dapat menaikkan dan menurunkan tutup toilet secara nirkabel. Mereka juga dapat menyiram air toilet serta mengatur intensitas semprotan lewat ponsel.


Bahkan, seperti dikutip dari laman Rocket News 24, pengguna dapat mengecek konsumsi air dan listrik dari tiap siraman toilet. Mereka pun dapat membuat sendiri setting program lewat aplikasi toilet pada smartphone. Selain itu, ada juga aplikasi "Toilet Diary" di mana pengguna dapat membuat catatan harian seputar buang air besar.

Inax pun menyediakan built-in speaker sehingga pengguna dapat memainkan musik dari smartphone di toilet.

Hingga saat ini, aplikasi toilet Inax baru bisa dijalankan di Android. Toilet unik tersebut dijual seharga 380.000 yen atau sekitar Rp 44 juta. (ANT)

Nokia Keluarkan Tablet


Dunia teknologi saat ini memang sedang memiliki daya tarik tersendiri untuk setiap penggila gadget yang ada di seluruh dunia. Berbagai macam informasi mengenai platform juga tak lepas dari buruan setiap orang yang selalu haus akan berita demi mendapatkan sesuatu yang benar-benar mereka butuhkan. Saat ini yang sedang gencar-gencarnya dibicarakan adalah tentang tablet buatan Nokia yang kabarnya tak akan lama lagi juga akan hadir untuk bersaing dengan tablet-tablet besutan Samsung dan Apple.


Tablet yang dirumorkan akan memiliki layar sebesar 10,1 inci ini kabarnya akan datang pada awal tahun 2013. Selain itu, informasi yang kami dapatkan dari berbagai sumber mengatakan kalau tablet Nokia ini juga akan dilengkapi dengan cover keyboard yang hampir sama dengan yang digunakan seperti pada Microsoft Tablet Surface. Yang membuat cover tersebut berbeda adalah, cover tersebut telah terintegrasi dengan sebuah tenaga support yang nantinya juga dapat digunakan untuk men-charge tablet itu sendiri.

6 Teknologi yang Bikin Heboh di 2013


1. Google Glass


Tahun lalu Google memperkenalkan kacamata canggih nan futuristik. Kacamata yang saat ini masih disebut sebagai Project Glass tersebut membawa kemampuan komputasi yang cukup menakjubkan.

Dikontrol dengan suara, kacamata pintar Google bisa digunakan untuk melakukan pencarian online, email dan navigasi arah. Bahkan bisa pula dipakai untuk video chat.

Kacamata berbasis teknologi augmented reality ini bisa menampilkan berbagai informasi seperti menunjukkan di mana lokasi pengguna dan keadaan cuaca. Pengguna juga bisa mengetahui lokasi pengguna lain dengan sistem Google Latitude.

Meski belum dapat dipastikan, kacamata pintar yang kerap disebut Google Glass tersebut tampaknya memakai sistem operasi berbasis Android akibat penggunaan ikon dan penampilan menu yang tampak familiar dengan OS robot hijau tersebut.

Dibanderol seharga USD 1.500 atau sekitar Rp 14 juta, kacamata ini terutama diperuntukkan bagi para programmer komputer.

Konon, ia masih dijual terbatas dan akan mulai dikapalkan untuk kalangan awam awal mulai tahun ini. Namun sejatinya penjualan pertamanya telah dilakukan saat pagelaran Google I/O khusus bagi pengunjung yang hadir dalam acara tersebut.

Diketahui, Project Glass dibuat oleh tim di laboratorium Google yang dijuluki Google X yang dikepalai langsung oleh pendiri Google, si jenius Sergey Brin.

2. Apple TV


Kabar angin yang menyebutkan Apple akan membuat televisi (TV) sendiri semakin berhembus kencang. Gosip paling baru mengatakan, Smart TV besutan Apple tersebut akan mempunyai ukuran antara 46 hingga 55 inch.

Rumor ini menyebar setelah sumber dari Foxconn -- yang merupakan mitra manufaktur Apple -- tengah memproduksi TV Apple tersebut dan akan selesai di akhir tahun 2013 mendatang.

Masih menurut sumber yang sama, Apple saat ini telah membuat prototipe dari model yang merupakan hasil kolaborasi Foxconn dan Sharp.

Memang banyak yang mengharapkan Apple memunculkan produk TV sendiri, setelah melihat cukup suksesnya perangkat set-top box Apple TV yang mampu menghubungkan antara perangkat iOS ke TV.

Meski rumor yang beredar mengatakan kemungkinan besar Apple TV baru akan memulai debut penampilan perdananya di Consumer Electronic Show (CES) 2014, namun tidak ada salahnya bila berharap Produk TV garapan Apple tersebut hadir lebih awal yakni pada tahun ini.

3. Gadget nVidia Tegra 4 dengan 72 Core


Ponsel pintar yang menggunakan prosesor berbasis Nvidia Tegra 3 saja kinerjanya sudah sangat ciamik. Namun tetap saja, itu dirasa belum cukup. nVidia pun dilaporkan tengah mengembangkan sang penerus, Tegra 4.

Hebatnya, Tegra 4 disebut-sebut bakal memiliki kinerja 6 kali lebih cepat dibanding Tegra 3. Sebab, Nvidia menyematkan 72 shader cores dalam Tegra 4, yang mana 6 kali lebih banyak bila dibandingkan dengan Tegra 3 yang hanya memiliki 12 shader cores.

Dengan pengunaan 72 shader cores tersebut, Tegra 4 bakal enteng saat mengakomodir penggunaan layar dengan resolusi 1080p @120 Hz. Selain itu output untuk ke layar monitor pun diklaim sanggup untuk menangani monitor hingga resolusi 3820x2160.

Dijelaskan lebih lanjut, SoC garapan Nvidia yang telah menggunakan proses pabrikasi 28nm dalam pembuatannya tersebut nantinya juga bakal enteng melakukan encode maupun decode video hingga resolusi 2560x1440.

Tidak dapat dibayangkan, bagaimana jadinya bila ponsel pintar ataupun tablet nantinya bila telah ditenagai oleh SoC garapan nVidia tersebut. Sepertinya pemilik notebook pun bakal dibuat melongo melihat kemampuannya.

4. Inovasi Robot Makin Masif


Masih ingat dengan robot Asimo yang dibuat pabrikan otomotif Honda? Robot humanoid ini begitu mengesankan karena bisa berjabat tangan dan bermain sepak bola. Nah, Samsung kini punya saingannya.

Divisi robot Samsung baru-baru ini memperkenalkan robot humanoid terbaru mereka yang diberi nama Roboray. Pada pameran teknologi IROS 2012 di Portugal beberapa waktu lalu, Roboray pun unjuk kebolehan.

Roboray dikembangkan Samsung bersama Korean Institute of Science and Technology (KIST) sejak 2004. Dia adalah evolusi dari sebuah robot bernama 'Mahru' seperti tampak pada tayang video di akhir artikel ini.

Kemampuan Roboray dikembangkan lebih jauh lagi sehingga diklaim lebih luwes. Ini berkat sendi-sendi kaki dan tangannya yang lebih fleksibel namun kuat dibandingkan versi sebelumnya. Alhasil, gaya berjalan Roboray pun hampir meniru persis kemampuan berjalan manusia.

Sayangnya, meski diklaim lebih canggih dibandingkan versi sebelumnya, Roboray yang memiliki bobot 62 kg dan tinggi 150 cm ini belum mampu berlari seperti Asimo Honda atau robot humanoid yang dikembangkan Toyota.

Namun dengan ditambahkannya sejumlah kemampuan pada Roboray, Samsung tentunya berambisi robotnya bisa menyaingi Asimo. Pengembangan selanjutnya, Roboray akan dilengkapi teknologi pengenalan wajah dan suara agar lebih 'hidup'.

Asimo dan Roboray merupakan dua prototipe dari kemungkinan ribuan robot yang sedang dikembangkan oleh berbagai tim peneliti di dunia ini. Diprediksi ke depannya perkembangan teknologi robot akan semakin masif, mulai dari menemani astronot hingga mengurus keperluan rumah tangga.

5. TV Resolusi Ultra HD Jadi Standar


Biasa menikmati film atau memainkan game dengan resolusi layar Full HD? Atau masih belum puas dengan resolusi 'dewa' SuperHD 2160 pixel?

Jika iya, Anda sepertinya patut menanti ini. Diperkenalkan oleh The Consumer Electronics Association (CEA) di California, Amerika Serikat pada bulan oktober lalu, sebuah standar baru pada teknologi resolusi layar yang akan disebut sebagai Ultra HD.

Teknologi resolusi layar yang sebelumnya disebut 4K ini akhirnya menyebut namanya sebagai Ultra High Definition, yang mana teknologi ini nantinya akan mendukung tampilan resolusi hingga 3840x2160 pixel.

“Ini (Ultra HD-red.) akan menjadi standar baru untuk konsumen dalam memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka,” ujar CEO dan Presiden Direktur CEA Gary Shapiro.

Menariknya, justru sudah ada beberapa produk yang telah mendukung resolusi Ultra HD ini di pasaran, salah satunya adalah Sony VPL-VW1000ES.

Namun sayangnya, hingga saat ini belum ada produk konsumer maupun film yang mendukung resolusi Ultra HD, sehingga penggunaannya menjadi tidak optimal.

Diprediksi, teknologi Ultra HD bakal menjadi salah satu daya tarik di pagelaran CES yang akan digelar 8-11 Januari 2013 di Las Vegas, Amerika Serikat.

6. Kejutan PS4 & Xbox 720

Mungkin Nintendo telah lebih dulu hadir dengan Wii U, namun yang sebenarnya ditunggu adalah generasi terbaru Playstation dan Xbox. Kedua produsen yang sering adu teknologi tersebut dikabarkan sedang mengembangkan generasi selanjutnya dari produk konsol yang saat ini mereka pasarkan.

Playstation 4


Sementara konsol Playstation 3 sudah memasuki revisi ketiga, diam-diam konon Sony sedang mempersiapkan konsol generasi selanjutnya yang disinyalir sebagai Playstation 4.

Dilaporkan, Playstation 4 akan menggunakan prosesor A10 milik AMD yang memiliki teknologi dimana CPU dan GPU dapat bekerja secara bersamaan dan didukung oleh RAM berkapasitas 8 GB ataupun 16 GB.

Untuk urusan storage sepertinya akan berkapasitas 256 GB, namun masih belum jelas apakah SSD atau hardisk biasa yang akan digunakan. Selain itu, sebuah Blu-ray drive dan koneksi WiFi juga tidak ketinggalan disematkan.

Sayangnya, hingga saat ini bentuk gamepad yang akan menemani Playstation 4 masih belum jelas bentuknya.

Playstation 4 -- atau yang saat ini masih menggunakan sebutan Orbis -- rencananya akan diperkenalkan sebelum event Electronic Entertainment Expo (E3) digelar tahun ini.

Xbox 720


Setelah hanya lalu lalang melalui rumor yang beredar, bocoran spesifikasi detil Xbox 720 telah mulai terungkap. Microsoft pun akhirnya menggunakan kepingan Blu-ray untuk game pada konsol jagoannya tersebut.

Fitur lainnya yang juga ditambahkan adalah kemampuan merekam siaran TV, selain improvisasi pada sisi audio yang akan dapat menampilkan suara yang kental dengan nuansa tiga dimensi (3D).

Jeroan konsol tersebut dikatakan bakal mengusung prosesor quad core, dimana di tiap core-nya akan dijejali empat logical core. Sehingga dapat dikatakan konsol tersebut memiliki 16 logical core yang dibenamkan. Untuk menemaninya disematkan pula RAM dengan kapasitas 8 GB.

Kingston Meluncurkan Flashdisk Kapasitas 1TB

Flashdisk atau yang kita kenal dengan Flash drive tentu saja menjadi barang yang sekarang sudah menjadi kebutuhan penting didalam lapisan masyarakat. Dari mulai siswa sekolah, mahasiswa atau bahkan karyawan dan pejabat. Pasalnya Flashdisk ini memudahkan kita untuk menyimpan, memindahkan ataupun mentrasfer data dari satu media ke media lain. Tapi sejauh yang kalian, seberapa besar kapasitas Flashdisk yang ada? Seberapa besar kapasitas flashdisk yang kalian miliki? Pasti dari 4GB sampai dengan 64GB paling besar? Semua ukuran tersebut terlampau jauh dengan Flashdisk yang satu ini. Flashdisk yang satu ini berukuran 1TB .

Click here to see a large version

Tepatnya pada acara CES 2013, Kingston baru saja meluncurkan produk terbarunya yang merupakan terobosan baru didunia teknologi yaitu berupa Flashdisk berukuran 1 Terabyte atau seukuran 1024GB. Bayangkan, dengan Flashdisk yang mencapai 1TB, tentu saja kita puas menyimpan data, film ataupun foto tanpa harus takut kepenuhan. Seperti yang kita tau nih, bahwa selama ini ukuran 1TB hanya ada pada HDD. Mungkin yang sedang marah adalah HDD eksternal dimana kita bisa bawa kemana saja tapi dengan ukuran yang cukup besar dan cukup berat. Tentu saja Flashdisk ukuran 1TB yang besarnya hanya seperti jempol tangan ini sangat diminati masyarakat karena bisa disimpan bahkan dalam kantong celana.


Flashdisk berukuran 1TB yang diluncurkan Kingston ini bernama DataTraveler HyperX Predator 3.0. FD ini sudah menggunakan standar koneksi USB 3.0, sehingga jika dihubungkan dengan port pada desktop atau laptop kalian yang juga sudah mendukungnya, FD bisa mentransfer data hingga 240 MB per detiknya untuk aktivitas read, dan hingga 160 MB untuk write. Biarpun canggih dan sangat besar kapasitasnya, Flashdisk ini tentu saja mempunyai harga yang tidak murah/menguras kantong. Bayangkan untuk harga dari Flashdisk berkapasitas 1TB ini, Kingston membandrolnya dengan harga Rp. 17 Jutaan!


Apakah kalian berniat membeli flashdisk DataTraveler HyperX Predator 3.0 ini? Modelnya yang keren, desain cover FD yang sangat tebal seperti baja membuat FD ini tahan akan banting. Tapi tentu saja jangan dijatuhkan dari tempat tinggi, karena akan hancur juga. Rp. 17 juta untuk sebuah Flashdisk 1TB? Bagi kalian yang mau membelinya harus bersabar juga karena Kingston mulai menjual FD 1TB ini pada kuartal pertama tahun 2013. Jika kalian ingin membeli harap berhati-hati saja. Benda sekecil ini seringkali kita lupakan. Bayangkan kalau sudah hilang, seakan kehilangan 1 motor atau uang tunai 17 juta.

Orang Indonesia di Balik Game "Assassin's Creed"



 Seri video game dari Ubisoft yang kini telah mencapai judul kelima (Assassin's Creed III) dikenal sebagai permainan yang menyajikan gameplay terbuka di tengah tempat-tempat historis yang tervisualisasi dengan indah.

Dalam seri game ini pemain menjelajahi lokasi-lokasi bersejarah, seperti kota Istanbul pada zaman Ottoman, Roma dalam masa Renaissance, serta Amerika Serikat sewaktu dilanda perang saudara. Semuanya ditampilkan dengan detail lingkungan dan arsitektur yang akurat sesuai era masing-masing. 

Untuk mewujudkan itu semua diperlukan kerja keras yang tidak sedikit, mulai dari riset sejarah, kunjungan ke lokasi yang sesungguhnya, hingga proses pengembangan lingkungan dalam game. Nah, di sinilah Richard Wych Bharata Setiawan, seorang kelahiran Indonesia, memainkan peranannya.




Lulusan Desain Komunikasi Visual Universitas Trisakti ini menjabat sebagai Level Artist di studio besar Ubisoft di Montreal, Kanada. 

Sebagai perancang lingkungan game, Richard terlibat dalam pembuatan sejumlah game dalam seriAssassin's Creed, termasuk Brotherhood dan Revelations yang merupakan ekspansi dari judulAssassin's Creed II. Dia juga turut menangani proses desain dalam seri game populer lain bikinan Ubisoft, yaitu Prince of Persia.

Dari lokal ke mancanegara

Richard tidak serta-merta melompat ke Kanada begitu lulus kuliah. Pria yang akan segera menikah dalam waktu dekat ini mengawali kariernya sebagai desainer grafis di Forhet pada 2005. Lebih kurang setahun kemudian, dia bergabung dengan Matahari Studios—sebuah pengembang game lokal—sebagai special effects artist.

"Kebetulan, saya lalu dapat informasi bahwa Ubisoft akan membuka studio di Asia Tenggara," ujar pria yang mengaku belajar mendesain obyek-obyek dalam game secara otodidak ini.


Jadilah Richard mengajukan lamaran sebagai special effects artist. Tetapi, posisi yang diinginkannya itu ternyata tidak tersedia. Richard lantas nyemplung sebagai level artist dan modeller di Ubisoft Singapura pada tahun 2008 silam. Dia adalah salah satu dari dua orang Indonesia yang tergabung dalam tim awal studio Ubisoft Singapura yang berjumlah 25 orang.

"Ketika itu ada kejadian lucu di mana saya diminta mengisi form pekerjaan. Saya diberikan laptop, tetapi keyboardnya menggunakan bahasa Perancis. Lama sekali saya mengisinya karena harus mencari huruf yang tepat satu per satu, ha-ha-ha," ujar Richard sambil tergelak ketika mengenang pengalamannya tersebut. Maklum, Ubisoft adalah perusahaan asal Perancis. Rupanya mereka lupa membawa peralatan yang cocok untuk kawasan Asia Tenggara.

Tiga tahun bekerja di Singapura, Richard lantas pindah ke studio utama Ubisoft di Montreal, Kanada, di mana dia bermukim hingga kini.

Pengalaman Richard menggunakan keyboard berbahasa Perancis berlanjut dalam bentuk yang berbeda di Montreal karena bahasa Perancis adalah bahasa utama di kota itu. Richard pun makin getol belajar bahasa Perancis. "Sekarang sudah tidak kaku lagi berbahasa Perancis meskipun masih harus banyak belajar," ujarnya.

Pekerjaan kolosal

Melihat tampilan dunia dalam seri game Assassin's Creed yang luas dan begitu mendetail, dapat dibayangkan bahwa pembuatnya pastilah bekerja keras untuk merealisasikan lingkungan game dari gambaran konsep yang ditetapkan sebelumnya.

Di studio Ubisoft, sebagian besar tanggung jawab ini berada di pundak art director yang memberikan arahan seputar rancangan game pada sejumlah sub-bagian, termasuk character design dan level designer yang menjadi atasan Richard.

"Kalau diumpamakan, level designer membuat 'mangkuk' lingkungan dunia game berikut 'level box' yang mewakili obyek-obyek dalam dunia game. Level artist seperti saya kemudian mewujudkan dunia itu sesuai arahan," jelas Richard mengenai bidang pekerjaannya.

Dari situ, Richard bersama tim level artist memikirkan kira-kira arsitektur seperti apa yang sesuai dengan setting game, lalu bekerja membuat obyek-obyek dan lingkungan dalam game berdasarkan referensi yang didapat berikut limitasi interaksi dalam game yang ditetapkan oleh programmer.

Kadang proses ini bisa membuat pusing tujuh keliling. Richard memberi contoh salah satu level dalam game Assassin's Creed: Brotherhood yang menampilkan reruntuhan Colosseum di Roma, Italia, lengkap dengan ruang-ruang bawah tanahnya.


"Kami harus membuat Colosseum sesuai dengan keadaannya pada abad ke-15, tahun 1400-an, sementara gambar-gambar referensi yang tersedia hanya dari tahun 2000-an," ungkap Richard. Kendati demikian, nyatanya di tengah keterbatasan itu tim pengembang Ubisoft tetap berhasil memvisualisasikan desain Colosseum yang megah.

Ketika itu, Richard antara lain bertanggung jawab membuat setting dungeon atau ruang tahanan bawah tanah di Colosseum yang juga dipakai sebagai arena kejar-kejaran menggunakan kuda di dalam game. "Proses pembuatannya lama sekali, tapi ketika dimainkan dalam game, lima menit saja level-nya sudah lewat, ha-ha-ha," ucap Richard.

Dalam proses pembuatan game, Ubisoft menerapkan sistem milestone atau target pencapaian dalam kurun waktu tertentu. Jika sudah dekat waktu deadline, Richard kerap lembur demi merampungkan pekerjaan.

Tantangan dalam melakukan proses desain lingkungan game itu pun selalu mengalami eskalasi dari judul ke judul. Menurut Richard, ini karena Ubisoft selalu meminta rancangan yang lebih detail untuk game berikutnya. "Pengerjaan dari Assassin's Creed II ke Brotherhood lalu setelah itu keRevelations, misalnya, selalu harus disertai dengan peningkatan kualitas sehingga kami harus bekerja lebih giat lagi."

Saat semuanya sudah selesai, dunia game kemudian digabungkan dengan bagian-bagian lainnya, seperti karakter game hasil rancangan character artist dan fashion designer yang juga dibuat berdasarkan referensi faktual.

Hasil karya Richard bisa dilihat di serangkaian judul game dalam seri populer ini, mulai dariAssassin's Creed II, Assassin's Creed: Brotherhood, Assassin's Creed: Revelations, hingga yangterbaru Assassin's Creed III, yang tersedia untuk platform PC dan konsol game, seperti Xbox 360 dan PlayStation 3.

Gerilya

Richard mengaku menikmati bekerja di studio terbesar Ubisoft di Montreal. "Suasananya cair, kekeluargaan. Semua karyawan, misalnya, makan siang bersama tanpa memandang posisi atau jabatan."

Meski begitu, pria yang mengaku suka main game untuk melihat-lihat desain lingkungannya dan mencari inspirasi ini masih menyempatkan diri pulang ke Tanah Air dengan memanfaatkan waktu senggang antarpembuatan judul game.

"Kebetulan, sekarang lagi in-between, jadi bisa pulang ke rumah," ujar Richard ketika ditemuiKompasTekno di sela-sela gelaran Indocomtech 2012 di Jakarta, November lalu. Saat itu, seri game terbaru yang turut ditangani Richard, Assassin's Creed III, memang telah rampung dan baru dirilis ke pasaran.

Soal industri game di Indonesia, Richard mengatakan bahwa sebenarnya terdapat banyak talenta berbakat di Tanah Air. Hanya saja, menurut Richard, di samping belum adanya investor besar yang berani mendanai pembuatan game seperti Assassin's Creed, ada hal lain yang sedikit mengganjal kemajuan dunia game Nusantara dalam mengembangkan game berskala besar.

"Banyak yang bagus, tapi kebanyakan dari mereka bergerak seperti pejuang gerilya zaman kemerdekaan, yaitu terpisah-pisah antardaerah. Seandainya saja bisa disatukan, tentu bisa kuat sekali," ujar Richard.

Bagaimana dengan para rekan seprofesi yang memutuskan untuk mengadu nasib di negeri orang, seperti Richard sendiri? Menurut dia, hal tersebut berkaitan dengan besarnya penghargaan atas karya mereka yang bisa diperoleh di luar negeri.

"Namanya juga memenuhi kebutuhan hidup. Di Indonesia banyak talenta pembuat game berkualitas internasional, tapi penghasilannya kurang. Seandainya keadaan itu berubah, pasti semua yang bekerja di luar negeri akan pulang kampung dengan senang hati," tandasnya.

IPAD TERMAHAL DI DUNIA





iPad yang satu ini berbeda dengan iPad lain pada umumnya. iPad hasil yang didesain oleh Stuart Hughes menjadi iPad 2 termahal di dunia dengan harga US$8 juta atau Rp72 miliar. iPad yang diberi nama iPad 2 Gold History Edition ini selain didesain Hughes juga dibuat olehnya.
Bertahtakan 12,5 karat berlian membuat iPad ini semakin berkilau. Tak hanya itu, logo Apple pun pun dilapisi emas 24 karat. Bagian depan iPad ini dilapisi dengan batu tua di dunia, Ammolite.  Batu ini berasal dari Kanada dan telah ada sehaj 75 juta tahun lalu. 
lain lagi dengan yang ini: 


Baru di luncurkan beberapa bulan yang lalu sudah muncul iPad berbalutkan berlian dan emas. Ini menjadi iPad termahal di dunia dan menjadi barang yang sangat mewah
     Dirancang di Liverpool Inggris oleh Katherine Hughes, perangkat mewah telah dirancang untuk individu yang elit dan para kolektor seni papan atas.
     Dapat dilihat dalam gambar untuk iPad yang sudah disepuh dengan 25.5 karat dari Berlian Flawless categori I'F'. Sebanyak 53 Batu Berlian yang menakjubkan dari set permata yang menggoda tersimpan pada logo Apple 22 karat.
      Tampak belakang dan sekitarnya layar yang dibuat dari potongan 22 karat emas padat. iPad mewah ini tampaknya akan memanjakan bahkan hingga pemolesan yang tepat di tempat itu, menunjukkan penampilan yang harmonis dan mempunyai seni yang tinggi.
      Suatu perpaduan unik dalam teknologi maju dengan keahlian seni yang tak tertandingi. Sebuah Wi-Fi dan 3G versi iPad dengan kapasitas 64GB yang tepat yang ditawarkan. iPad ini dibuat menjadi edisi terbatas dengan hanya 10 unit yang akan dibuat.
     Emas Padat dan bertabur batu berlian iPad dengan harga 129,995. kalau kurs 18,000 rupiah jadi 2,4 milyar. Wow bayangkan harga awalnya hanya sekitar 4 juta lebih menjadi 2,4 Milyar rupiah.

juga yang ini: 

Tak ada yang istimewa dalam isi gadget touchscreen ini, isinya sama seperti iPad-iPad lain yang Anda miliki. Yang membuatnya spesial adalah berlian 11,43 karat yang membungkus gadget canggih ini, semua berlian tersebut asli dan berkilau!

Saat iPad ini berada di tangan Anda ada sensasi yang berbeda. Sensasi apakah itu? tak lain tak bukan adalah sensasi aneh, yang membuat Anda gugup dan ketakutan setiap waktu. Jangan-jangan saat Anda memegangnya ada berlian yang jatuh dari sana. Oleh karena itu Anda wajib berhati-hati saat menggunakannya, karena berlian-berlian yang terpasang rapi pada iPad ini harganya lebih dari selusin iPad yang bisa Anda beli. 

Produk gila ini adalah hasil dari kreativitas Mervis Diamond, dan kabarnya, seperti dilansir di dalam amazing gadget, iPad ini bukanlah limited edition yang dikeluarkan oleh Apple, masih ada beberapa iPad dengan desain seperti ini.

Ada 5 hal penting untuk menjadi seorang hacker



1. Logika (Logic)
Seorang hacker harus senantiasa menggunakan logika dimana hal ini menjadi sebuah pertimbangan akal untuk menghasilkan sesuatu yang baik, benar dan tepat. Manusia diberikan kelebihan oleh YME untuk hal ini, maka manfaatkan secara maksimal.
Logika yang sering digunakan dalam bahasa pemrograman adalah OR, AND, NOT, XOR, NAND, dll. Beberapa program tersusun atas komponen program IF..THEN…ELSE, FOR..TO..DO, WHILE , CASE..OF dan lain-lainnya. Logika ini kemudian akan dikolaborasikan dengan matematika untuk menghasilkan sesuatu yang bernilaiBenar (True) atau Salah (False) seperti (<, >, =, +, -, dll).
2. Perangkat Keras (Hardware)
Seorang hacker harus mengetahui seluk beluk perangkat keras, karena perangkat keras merupakan dasar dari pembentukan teknologi. Perangkat keras disini adalah mengerti seluk beluk pengkabelan, chip, mainboard, switch, hub, elektronika, dll. Apabila seorang hacker sudah memahami perangkat keras, maka akan lebih mudah dalam membuat instruksi untuk perangkat lunaknya. Pernah melihat James Bond & Mission Impossible? Nah, diluarsana banyak orang luarbiasa yang memahami hardware sangat dalam.
Yang perlu dipelajari lebih dalam dari perangkat kerasa adalah komponen pada bagian-bagian berikut:
  • Input Device (Unit Masukan: Keyboard, Mouse): media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor.
  • Process Device (Unit Pemrosesan: CPU, Microchip,RAM): media untuk mengolah inputan guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
  • Output Device (Unit Keluaran: Monitor, Scanner, Speaker): media untuk mengeluarkan hasil informasi.
  • Backing Storage ( Unit Penyimpanan: Harddisk, Disk): media untuk melakukan penyimpanan data dan informasi.
  • Periferal ( Unit Tambahan: USB, Modem): media tambahan yang digunakan untuk mendukung proses kerja perangkat keras.
3. Perangkat Lunak (Software)
Seorang hacker akan mempelajari software sebagai instruksi kepada hardware untuk melakukan perintah-perintah yang diinginkan. Software ini dibangun dari berbagai bahasa, dimana bahasa yang perlu dipelajari dalam bahasa mesin adalah 0, 1 dan analog. Sebagai dasar adalah bahasa pemrograman adalah assembly. Urutan yang tepat sebagai berikut saya kutip dari wikipedia:
  • Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110.
  • Bahasa Tingkat Rendah (ASM) atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  • Bahasa Tingkat Menengah (C), yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  • Bahasa Tingkat Tinggi (HTML, XML, JSP, JAVA, VB, PASCAL, DELPHI, C#, F#, PHP, ASP, SQL, ORACLE, PYTHON, PERL, dll) yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.
Sebagai seorang hacker, semakin kompleks mengetahui bahasa pemrograman maka akan semakin mudah dalam memolak balikkan software, mencari celah, memperbaiki, memberikan solusi untuk memecahkan masalah dan bahkan membangun sebuah aplikasi baru.
Kuncinya adalah semakin dalam mengetahui bahasa mesin, akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan mesin.
Selain mengenal bahasa pemrograman, yang perlu dipelajari adalah sistem yang dibangun dari software yang sudah ada saat ini, sebagai salah satu contoh yaitu Sistem Operasi: *Nix, Linux, FreeBSD, SunOS, Windows, dll.
4. Jaringan (Networking)
Seorang hacker perlu mengetahui dan mendalami jaringan elektronik dan komputer yang merupakan bagian penting untuk dipelajari, karena jaringan inilah yang menghubungkan antara satu dengan yang lainnya seperti sebuah jaring laba-laba yang tidak terputus.
Ketika kita sudah memahami jaringan maka akan cukup mudah dalam melakukan setting, konfigurasi dan dapat memegang kendali terhadap jaringan. Didalam jaringan inilah alur komunikasi bergerak antara satu perangkat ke perangkat yang lainnya. Pada jaringan inilah banyak protokol komunikasi yang digunakan sehingga perlu juga untuk dipelajari seperti TCP, HTTP/S, FTP/S, dll. Apabila jaringan berada didalam kendali, maka seluruh informasi yang mengalir didalamnya akan sangat mudah untuk didapat, ditambah, diubah, bahkan untuk dihapus sekalipun.
5. Kriptografi (Cryptography)
Seorang hacker memiliki tantangan dalam hal kriptografi, karena saat ini hampir seluruh transaksi komunikasi sudah menggunakan cryptography sebagai jembatan pelindung. Dengan modal logika yang matang maka cryptography dapat lebih mudah untuk dipelajari walaupun dalam struktur yang sulit. Seorang hacker memerlukan pengetahuan kriptografi untuk menjaga aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan informasi, keabsahan informasi, integritas informasi, serta autentikasi informasi dan bahkan untuk mendapatkan dan menerjemahkan informasi itu sendiri.
Ada banyak model kriptografi yang saat ini sudah banyak berkembang yaitu MD5, SHA, DES, AES, Base64, IDEA, BLOWFISH, RSA, Dll. Kriptografi ini banyak digunakan untuk konfigurasi, penyimpanan data dalam database, dan komunikasi transaksi pada jaringan.
Dengan memahami dan mempelajari kelima unsur diatas, saya rasa anda menjadi seorang hacker yang handal.

Cara Menjadi Hacker !!



  • Niat baik, berdoa, beretika, tekad yang kuat, selalu optimis dan ketekunan yang tak pernah berakhir.
  • Banyak bertanya dan terus menyimak, terutama kepada ahlinya, kemudian ambil hikmah untuk dipelajari dan dikerjakan.
  • Banyak begadang untuk belajar, mengoprek alat elektronik, komputer dan hal-hal mengasyikkan lainnya.
  • Cari referensi ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya baik dari buku, jurnal, ebook, dll.
  • Lakukan dengan sengaja merusak gadget dimulai dari dengan yang sederhana, kemudian memulai untuk memperbaiki gadget tersebut.
  • Belajar teknik sosial engineering untuk mengetahui dan memanfaatkan manusia, belajar reverse engineering untuk mengetahui dan memanfaatkan komputer.
  • Memiliki modal, kemauan yang kuat, berani gagal dan berani bertindak untuk melakukan penelitian.
  • Jangan pernah malas untuk membaca artikel teknologi, berjalan-jalan mengelilingi blog (blogwalking), belajar jangan terpaku pada salah satu forum saja.
  • Berani melakukan instalasi beberapa OS pada komputer pribadi, misal Linux, Windows, VWWare, FreeBSD, dll. Kemudian belajar bahasa pemrograman dan scripting yang non-formal (Perl, Python, Ruby, dll).
  • Persiapkan peralatan pribadi, dan peralatan lainnya yang didapat dari sumber lain untuk memulai proses hacking.
  • Rajin berdoa kepada Tuhan YME dan berimajinasi yang penuh dengan ilusi agar mendapatkan inspirasi.
  • KISS: Keep IT Simple Stupid, menjadikan IT sebagai sesuatu yang mudah seperti kegiatan sehari-hari.
  • Wajib untuk mengenali batasan dan kemampuan diri, agar bisa mengukur apa yang perlu untuk dilakukan dan tidak memaksakan sesuatu.
  • Jangan bermimpi terlalu tinggi, karena saat jatuh akan terasa parah sakitnya.
  • Jangan terlalu berdiam diri, tetapi tetap terus berinteraksi dengan rendah hati.
  • Belajar berbicara dan berinteraksi dengan komputer dengan mempelajari bahasa yang digunakan untuk instruksi komputer.
  • Jangan mudah menyerah saat dihina, dipermainkan, dibohongi, terus percaya diri dan selalu semangat.
  • Persiapkan otak yang fun, agar tidak terlalu penat, selalu ceria dan bahagia dalam beraktifitas.
  • Belajar IT basic merupakan hal yang penting, daripada sekedar menggunakan software yang sudah ada saat ini untuk kegiatan hacking.
  • Jangan lupa istirahat, jangan lupa makan, jangan lupa minum, jangan lupa cemilan dan jangan lupa olah raga.
  • Belajar untuk memahami concept, jangan copy paste sembarangan dan mulai dari hal yang paling kecil terlebih dahulu.
  • Mengerti cara kerja hardware dan software sehingga menjadi selaras sejalan, berani merubah nya bisa juga mengembalikan nya.
  • Sukai dan cintai dulu komputer, masuk keseluk-beluknya kemudian terus berlatih, perbanyak teman dan memecahkah masalah bersama-sama.
  • Belajar tidak bergantung kepada yang hanya disekolah saja, belajarlah dari dunia diluar sekolah dan ulangi hal-hal yang sama untuk mempermudah dan menjadi kebiasaan.
  • Belajar dasar-dasarnya dari situs www.binushacker.net kemudian lanjut ketingkat yang lebih tinggi lagi, apabila tidak ada di www.binushacker.net maka carilah dari search engine seperti google, bing, yahoo, baidu, yandex, allwebsite, dll.