1 Miliar Handphone Terjual di Cina Selama 2012


Pada penutupan tahun 2012 kemarin, banyak sekali perusahaan yang mendapatkan untung yang tidak sedikit dari penjualan gadget/handphone yang mereka jual. Departemen Industri dan Teknologi Informasi Cina (MIIT-Ministry of Industry and Information Technologu) menyatakan bahwa terdapat total 1,1 miliar handphone/ponsel telah terjual sepanjang 2012 ini sob! Wih itu berarti selama tahun 2012 ini pengguna ponsel di Cina mencapai lebih dari 1 Miliar nih sob. Banyaknya angka ini bukan hanya pada pengguna ponselnya. Di lain sisi, total keuntungan yang diraih dari para perusahaan yang menjual ponsel ini mencapai 116,26 miliar dolar!

Dari data yang dilansir MIIT tersebut, terungkap bahwa lebih dari 82% warga Cina sudah menggunakan ponsel, baik smartphone maupun non smartphone. Dari 1,1 miliar pengguna ponsel tersebut, 220 juta diantaranya sudah menggunakan ponsel dengan koneksi 3G, yang mencapai 20% dari keseluruhan pengguna ponsel di Cina. Sementara itu, penggunaan internet di Cina juga mengalami kenaikan yang signifikan selama tahun 2012 ini. Hal tersebut terlihat dari penggunaan layanan internet broadband yang mencapai 24,03 juta serta pengguna internet mobile yang mencapai 750 juta orang. Adapun total pendapatan yang diraih industri komunikasi di Cina sebanyak 116,26 miliar dolar, naik 11% dibanding tahun lalu.





Dibandingkan dengan negara kita yang masih belum merata penggunaan ponsel tersebut, sepertinya memang Cina adalah salah satu negara dengan jumlah konsumen ponsel terbesar setelah Jepang dan Inggris. Tentu saja harga ponsel yang sekarang ini semakin terjangkau, bukan tidak mungkin nantinya semua orang di negara kita pun menjadi pengguna aktif ponsel tersebut. Selain memang harga ponsel yang semakin murah, fungsinya yang semakin lama semakin canggih dan tarifnya juga dari operator yang sangat murah, bukan suatu mimpi lagi pada tahun ini pengguna ponsel dinegara kita sendiri semakin meningkat pesat.

Memang dengan laporan penjualan ponsel yang mencapai 1,1 Miliar di Cina, para perusahaan ponsel terkenal seperti Apple dan Samsung berlomba-lomba untuk mendirikan dan melebarkan sayapnya ke negeri panda tersebut. Apakah tahun 2013 ini penjualan ponsel akan semakin naik atau malah turun? Kita tunggu saja.